Penguasa Dunia Terbesar Tahun 2009

Jumat, 13 November 2009

Inilah profil singkat para pengubah dunia yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kehidupan di dunia tahun 2009 ini. Urutan urutan ini berdasarkan versi forbes yang diterbitkan hari Kamis, 12/11/2009. Mari kita simak satu persatu…. dari urut pertama sampai kesepuluh:

1 Barack Obama – Presiden Amerika Serikat Umur: 48

Seberapa kuatkah orang yang satu ini? Forbes ternyata menilai dia dari segi kelebihannya dalam memimpin negara adidaya Amerika yang paling inovatif, ekonomi negara paling dinamis; negara terkaya, pemimpin militer yang mematikan; pada jarinya jua terletak kekuasaan untuk menekan tombol senjata nuklir yang terdapat lebih dari 5.000 hulu ledak; dia jua sebagai satu satunya kepala negara adidaya setelah Soviet tiada lagi. Disamping keberhasilannya meraih Hadiah Nobel Perdamaian tahun ini.

2 Hu Jintao – Presiden Republik China Umur: 66

Hu Jintao jelas berkedudukan sebagai pemimpin politik untuk jumlah orang terbanyak di planet bumi ini; bayangkan saja 1,3 miliar jumlah penduduk bumi hidup di China, sekitar 70% pekerja utama mereka berusia 15-64 tahun. Hu Jintao menerapkan system lokakarya untuk rakyatnya demi ongkos produksi yang paling murah demi mengubah bangsanya. Sepak terjangnya berhasil mengharumkan China dengan mengadakan even Olimpiade Beijing 2008 dengan sukses, dia membawa negeri China bergaya baru, modern, dan memiliki kehidupan penduduk yang harmonis; walau dalam kenyataan sering kali sangat berbeda terlihat dalam politik, agama, kebebasan pers; penindasan brutal di Tibet; serta penolakannya untuk mengakui kemerdekaan Taiwan. Namun, perkiraan para ekonom, negara China akan mampu mengambil alih dominasi ekonomi Amerika dalam kurun waktu 25 tahun mendatang.

3 Vladimir Putin – Perdana Menteri Rusia Umur: 57

Perdana Menteri Vladimir Putin bisa jadi dikenal sebagai Tsar, Kaisar dan otokrat dari Rusia. Jauh lebih kuat posisinya daripada kepala negara, Presiden Dmitry Medvedev. Memimpin negara Rusia atas satu per sembilan dari luas daratan bumi, memiliki sumber energi dan sumber daya mineral yang berlimpah. Mantan perwira KGB ini tidak pernah takut dalam mengambil keputusan termasuk diantaranya menyerang Georgia, memotong pasokan gas alam ke Ukraina atau Eropa Barat. Memiliki hak veto masalah nuklir di Dewan Keamanan PBB. Dia seorang yang anti terhadap Obama. Salah satu pernyataan terkenalnya "Saya sangat yakin bahwa perubahan yang konstan bukan solusi untuk menjadi lebih baik."

4 Ben S. Bernanke – Ketua Sentral Bank Amerika Umur: 55

Ben S. Bernanke adalah mantan ketua Fakultas Ekonomi Universitas Princeton Amerika. Ia seorang sarjana ekonomi yang sukses mengarahkan perekonomian terbesar dunia melewati masa masa resesi besar, dan berhasil menumbuhkan ekonomi positif dalam menyeimbangkan neraca keuangan Amerika, dari $900 milyar pada bulan Agustus 2008 dan lebih dari $2.1 triliun saat ini. Saking suksesnya dengan kebijakan ekonominya tersebut, sehingga berhasil mengurangi angka deflasi, para ekonom Amerika menyebut gaya finansial yang diterapkan dengan Doktrin Bernanke. Pemerintah Amerika sendiri mempunyai tekhnologi press printing dimana mereka bisa dengan sesuka hati memproduksi uang kertas dolar sebanyak yang mereka butuhkan tanpa harus keluar biaya.

5 Sergey Brin dan Larry Page – Pendiri Google US Umur: 36

Jika pengetahuan adalah kekuatan, begitu juga halnya informasi. Dua orang jenius ini awalnya bertemu pada masa kuliah mereka di Stanford University. Mereka mengambil program Ph.D. ilmu komputer. Mereka sekarang mencoba untuk meletakkan semua informasi dunia di ujung jari Anda. Mereka terkenal sebagai penginovasi tekhnologi termuda, tercerdas dan terbaik serta berbakat. Lokasi kerja mereka saat ini ada di Mountain View, California, Kompleks mereka dinamakan "Googleplex" dimana setiap karyawan didorong untuk menghabiskan satu hari dalam seminggu pada proyek-proyek pribadi mereka; kantor mereka tak jarang disebut sebagai "Best Place To Work" di Amerika / tempat kerja terbaik. Para pendiri Google ini memiliki gabungan kekayaan bersih senilai $ 30.6 miliar yang menempatkan mereka pada urutan ketiga Forbes 400. Walaupun niat mereka “baik”, namun ternyata Google disalahkan oleh beberapa kalangan dunia pers karna andil mereka dalam menumbangkan / membuat bangkrut dunia pers tradisional. Sergey Brin mengatakan "Ada yang bilang Google adalah Dewa Penolong, yang lainnya mengatakan Google adalah setan."

6 Carlos Slim Helu – Chief executive Telmex Meksiko Umur: 69

Carlos Slim Helu adalah orang nomor tiga terkaya di dunia menurut versi Forbes. Dia mendominasi kekuatan ekonomi Meksiko, kekayaan pribadinya saja setara dengan sekitar 2% dari GDP Meksiko. Dia seorang pemain monopoli telekomunikasi: Telemex yang memiliki 90% dari Meksiko saluran telepon tetap; TelCel yang memiliki 90% pangsa pasar nirkabel. Dia juga ketua konglomerat Meksiko yang memiliki usaha untuk memperbaiki jalan-jalan, infrastruktur energi, suplai air.

7 Rupert Murdoch – Ketua News Corp US Umur: 78

Rupert Murdoch adalah seorang raja media. Kerajaan medianya termasuk di Inggris (The Times), Australia (The Australian), Amerika (The Wall Street Journal) surat kabar, selain tabloid-tabloid seperti New York Post dan The Sun (Inggris). Juga dia memegang kuasa atas perusahaan film (20th Century Fox), penerbitan buku (HarperCollins), televisi (Fox, BSkyB), online (MySpace). Di tahun fiskal 2009 ini, News Corp merugi sekitar $ 3,4 miliar, nilai sahamnya turun pada bulan Maret menjadi yang terendah, tetapi masih jauh di bawah tingkat 2007, ketika dia kehilangan $ 5,6 miliar pada Dow Jones. Ia menuduh Google mencuri konten; mengancam untuk memblokir mesin pencari untuk mengindeks situs Web-nya. Dia berkoar bahwa "jurnalisme yang berkualitas itu tidak murah."

8 Michael T. Duke – Presiden, CEO dan Direktur Wal-Mart Stores, Inc US Umur: 59

Michael T. Duke memiliki usaha eceran /supermarket terbesar di dunia, perusahaannya memiliki tingkat omset $ 401 miliar penjualan dalam setahun, memiliki 2 juta karyawan, dan 8.000 supermarket. Wal-Mart sendiri adalah mitra dagang China ke 8 terbesar. perusahaan sektor swasta terbesar di Amerika Serikat; target favorit mereka adalah serikat pekerja; menyalahkan dan memuji untuk mendukung proposal Obama dalam perawatan kesehatan pekerja, menggeser kekuatan ekonomi dari produsen ke pengecer, dari ibu-dan-pop ke kotak besar. "Saya seorang yang kompetitif dengan alam dan saya ingin menang." ujarnya.

9 Abdullah bin Abdul Aziz Al Saud – Raja Arab Saudi Umur: 85

Abdullah bin Abdul Aziz Al Saud memiliki absolut kekuasaan kerajaan Arab Saudi yang mana negara ini sebagian besar adalah padang pasir terbesar di dunia, memiliki cadangan minyak mentah berlimpah, terdapat dua tempat paling suci dalam Islam. Negara ini memiliki perusahaan minyak Aramco perusahaan paling menguntungkan di Bumi, menghasilkan lebih dari $ 200 miliar per tahun, memiliki cadangan 260 miliar barel atau 25% dari pasokan di bumi.

10 William Gates III – Co-Chair Bill & Melinda Gates Foundation US Umur: 54

Orang terkaya di dunia, monopoli, mentransformasikan bisnis perangkat lunak. Lebih dari 85% ratusan juta pengguna komputer menggunakan produk perusahaannya. Tujuan hidupnya saat ini adalah untuk menyelamatkan dunia. Sekarang ia mencurahkan sehari-hari ke yayasan Bill & Melinda Gates, badan amal terbesar di Bumi dengan aset $ 34 milyar. Yayasan ini didirikan dengan tujuan untuk mengurangi kelaparan, meningkatkan pendidikan dan melawan penyakit seperti malaria, TBC dan AIDS.


forbes.com

0 comments

Posting Komentar